Etiket dan Kepribadian

Etiket dan Kepribadian



Etiket menyangkut aturan dalam pergaulan
  • Bahasa Prancis ‘ETIQUE’ Berarti KARTU UNDANGAN. Dalam lembaran undangan tersebut disertakan serangkaian peraturan / tata tertib yang harus ditaati oleh para tamu/undangan.
  • Kini, pengertian ETIKET berkembang menjadi sekumpulan peraturan tata tertib dan cara-cara pergaulan diantara orang-orang yang beradab.
  • Singkatnya, ETIKET adalah aturan menyangkut pergaulan.
Dalam penerapannya amat tergantung pada waktu & tempat, situasi & kondisi

Kepribadian adalah citra/gambaran diri seseorang.
Gambaran diri, menyangkut :  Pola Pikir, Sikap dan Prilaku
  • Pribadi, akan tergambar keluasan dan kedalaman pengetahuan  (kompetensi)
  • Pribadi, akan tergambar keterbukaan dan kejernihan hati
  • Pribadi, akan tergambar kesopanan dan kesantunan (Etika), keterpelajaran, (maaf) bukan kekurang ajaran
Hubungan Etiket & Kepribadian
Kepribadian adalah pondasi citra, Etiket adalah salah satu cerminan kepribadian


Beberapa  Contoh  Penerapan :
Ciri PRIBADI YANG BERETIKET, (sekaligus menjadi TIPS) :
  • Tampil (rapih, segar, menarik, mempesona, spontan, tegas dan berwibawa)
  • Senang (bekerja, kepintaran,dikoreksi, introspeksi, menolong)
  • Bisa (menghormati orang lain, bekerjasama, menyesuaikan diri, mandiri, menyelesaikan masalah, mengendalikan diri & memberi contoh positif)
  • Selalu (tersenyum, siap membantu, percaya diri, bersemangat, bijaksana, peduli orang lain, melakukan yang terbaik)
  • Tidak (mudah putus asa, menyalahkan orang lain, sombong, meremehkan orang lain, mengutamakan diri sendiri, kasar, culas)
  • Mengetahui (kelebihan dan kekurangan, pekerjaan dengan baik, apa yang harus dilakukan, perkembangan perusahaan, peraturan perusahaan,
Kaitannya Dengan Kantor  :
  1. Masuk – pulang kantor tepat waktu
  2. Wajib memberi salam sesuai kondisi
  3. Memperhatikan penampilan diri
  4. Mengerti dan patuh terhadap hirarki perusahaan
  5. Selalu bersikap ramah
  6. Toleransi
  7. Memberi perhatian yang sama (atasan, selevel & bawahan)
  8. Persoalan pribadi tidak boleh dibawah ke kantor
  9. Jangan mendiskusikan atasan
  10. Menepati waktu dan janji
  11. Memelihara suasana
  12. Dalam pergaulan sosial, wanita didahulukan. Dalam lingkungan kantor (bisnis) pangkat-kedudukan menentukan siapa yang harus didahulukan.
Kampanye “5 S” untuk  PRIBADI YANG BERETIKET

  1. Senyum 
  2. Salam
  3. Sapa
  4. Sopan (prilaku ) 
  5. Santun (kata/sikap)
 Untuk Artikel lebih lengkapnya, Silahkan mengunjungi: